Home » » Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan

Iklan baris (bahasa Inggris: (Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terperinci dalam bentuk teks.

  • Contoh text tulisan Iklan Baris




contoh iklan baris



TANAH DIJUAL BANDUNG
Jl. Buah Batu L,370m. bgs. hdp timur
184m²&180m², jln lebar. aks tol dkt
CP. 0816271181, 085672316753
MOTOR DIJUAL
Honda Beat ESP Hitam Th. 2016.
Mls Spt Motor br. Km:075, Plat D
9jt. Nego Hp.08123728292

2). Iklan Produk
Sesuai namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menjual atau mempromosikan sebuah produk, baik barang maupun jasa. Iklan produk sering kali disebut sebagai ikan niaga dan bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu. Jenis iklan ini adalah salah satu yang paling sering ditemukan

Contoh iklan produk


  • Contoh Teks Iklan Produk Floridina

Mulai hari dengan yang fresh, be ready go with floridina, floridina jeruknya florida orange, real fresh, real orange pulp, so juicy!! floridina fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak dinikmati dimana aja, .. floridina with real orange pulp. SO JUICY!!




3. Contoh Iklan Kolom
Berbeda dengan iklan baris yang mendatar dan terbatas, iklan kolom tampil secara memanjang dan luas (bisa sampai 1 halaman). Tak hanya tulisan, biasanya iklan kolom menyertakan konten lain seperti gambar atau foto. Maka iklan kolom pada umumnya dimanfaatkan untuk menjual kendaraan dan ucapan duka cita yang biasanya memakai potret atau grafis lainnya


4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Tidak seperti iklan lainnya yang bersifat komersil, iklan layanan masyarakat justru dibuat untuk menyampaikan informasi penting. Contohnya program keluarga berencana, penanggulangan bencana, sampah, go green dan pencegahan narkoba. Iklan ini akan sering Anda jumpai di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas publik lainnya;Contoh Iklan layanan masyarakat juga biasa dibuat dalam bentuk video atau grafis. dengan beberapa keunikan tertentu agar mudah diingat penonton. Hasil dari iklan jenis ini diharapkan dapat menggugah hati penonton terhadap isu yang dibahas dalam video tersebut.
contoh iklan layanan masyarakat

Contoh Teks Kalimat Iklan Layanan Masyarakat
  • Mari Hemat Listrik
    Nyalakan Secukupnya, Matikan Selebihnya. (Iklan Layanan PLN)
  • Berhenti Merokok dan Jangan Memulainya
    1 Kenikmatan Rokok = 1000 Bahaya (Iklan Layanan Kesehatan)
  • Global Warming Mengancam Keselamatan planet bumi!!
    Jika Anda Mencintai Planet Ini
    Jika Anda Mencintai Anak Cucu Anda
    Bertindaklah Sekarang Juga
    AYO..!! MENANAM POHON (Iklan Layanan Lingkungan)

5. Contoh Iklan Penawaran

  • Sekilas, jenis iklan ini tampak sama dengan iklan produk. Akan tetapi, iklan penawaran dipakai untuk menawarkan barang atau jasa. Contohnya, iklan tempat bimbingan belajar, investasi, penawaran perumahan, apartement dll.
    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan penawaran. Diantaranya adalah;
    • Identitas Perusahaan atau Lembaga
    • Produk atau Layanan yang ditawarkan
    • Waktu Penawaran / Pelayanan
    • Nomor Kontak yang Dapat dihubungi
    • Alamat Kantor Pemasaran Perusahaan / Lembaga
    • Syarat dan Ketentuan Khusus (bila ada).
    Selain itu. dalam iklan penawaran gunakanlah “Magic Word” sebagai tagline untuk membuat orang terkesan pada pandangan pertama. kata- kata tersebut bisa berupa kata “DISKON xx%, Free, Harga Promosi, …… Berhadiah dan lain sebagainya.

Contoh iklan penawaran



6. Contoh Iklan Lowongan Kerja

Seperti namanya, iklan lowongan kerja biasanya diisi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru. Sejumlah koran masih menyertakan halaman khusus yang diisi informasi seputar lowongan kerja yang dikategorikan agar mudah ditemukan. Jika Anda hendak membuat iklan lowongan kerja, pastikan tertera kontak yang bisa dihubungi
Contoh
contoh iklan kolom

7. Contoh Iklan Jasa

Jasa juga dapat dipromosikan seperti halnya barang. Lewat jenis iklan Jasa, Anda bisa menjual jasa entah dalam bidang pendidikan, teknik, hingga membetulkan alat-alat tertentu (reparasi). Dibandingkan iklan produk, Anda mungkin akan kesulitan membuat iklan jasa yang notabene berbentuk abstrak (keterampilan/kemampuan);
Dalam membuat teks iklan jasa anda harus banyak membuat fitur yang memuat kelebihan dari layanan yang anda iklankan dan juga jenis- jenis layanan yang anda sediakan.

contoh iklan jasa

8. Contoh Iklan Komersial
Jenis ikan ini digunakan untuk mendukung sebuah kampanye pemasaran barang atau jasa. Iklan komersial terdiri dari dua jenis, yakni iklan strategis (membangun brand atau merek) dan iklan taktis (mempunyai tujuan mendesak). Jenis iklan ini paling sering digeluti oleh agensi digital.


iklan komersial



9. Contoh Iklan Bahasa Jawa
Cara membuat iklan dalam bahasa jawa sama seperti kaidah pembuatan iklan secara umum. Hanya saja, Ketika membuat iklan bergenre daerah, seperti iklan jawa, sunda atau sebagainya. Akan lebih baik bila menggunakan kalimat- kalimat yang familiar di telinga mereka.
Contoh beberapa tagline iklan yang menggunakan bahasa Jawa diantaranya;
  • Pancen Oye (Oskadon)
  • Bejo Teko, Angin Lungo (Bintang Tujuh Masuk Angin)

Contoh Teks Iklan atau Kalimat Iklan Bahasa Jawa

SAMPO LIFEBUOY
Apa sing berkilau, kuwat lan arum?
Rasa lembut, lebat, mengembang
Rambut awake dhewe rambut awake dhewe
Iki tandane rambut waras kinclong
Karo LIFEBUOY SHAMPO
Milk protein lock formulane manehake keluarga aku lima tanda rambut waras
Rambut waras, kinclong karo LIFEBUOY SHAMPO


contoh iklan bahasa jawa




10. Contoh Iklan Makanan
Poin terpenting dalam pembuatan iklan makanan adalah gambar iklan dari produk yang dijual. Karena, tentu saja hal yang pertama kali menjadi ketertarikan seseorang terhadap produk makanan adalah dari bentuknya. Sematkan juga beberapa tagline dan harga dari makanan yang diiklankan.
Contoh Teks Iklan Makanan
  • BIG BURGER .. kapan pun dan dimana pun, selalu Big Burger Pilihannya.. Anda Pesan, Kami Antar!! Nikmati Paket Burger Super Hanya Rp. 30.000; ( Pemesanan 021-254896).
  • Queen Chicken kini lebih spesial dengan kenikmatan black paper. kepedasan khas balado, dan kelembutan cheese. Dapatkan kings chicken spesial mulai 25.000 an. Hanya di KNCF
    (hanya tersedia di pulau jawa)

contoh iklan makanan


11. Contoh Iklan Bahasa Inggris

contoh iklan bahasa inggris


Contoh teks kalimat iklan bahasa Inggris singkat:
  • It is very important, how you start your day, the first taste that you feel.
    the good taste – MOM’S COFFEE – .

12. Contoh Iklan Niaga Produk Minuman
Iklan niaga adalah iklan yang bertujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen agar tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang produksinya. Iklan niaga bisa berupa produk makanan atau minuman dan lain sebagainya.
Contoh Teks Iklan Niaga Produk Minuman (Slogan);
  • Nyatanya Nyegerin (Sprite)
  • Bantu Semangat OK Lagi (Mizone)
  • Begitu Mewah, Murni Menyegarkan (Sirop Marjan)
  • Trust Me It Works (Minuman Susu L-Men)
contoh iklan niaga minuman



13. Contoh Iklan Keluarga


Iklan keluarga adalah iklan yang isinya berkaitan dengan berita atau hal tentang kelurga. contoh iklan keluarga misalnya berisi tentang kelahiran, perkawinan, perceraian atau kematian. Secara umum, iklan jenis keluarga biasanya digunakan oleh masyarakat yang berasal dari keturunan Tionghoa.


Contoh iklan keluarga


14. Contoh Pendidikan

Iklan pendidikan termasuk juga kedalam iklan jenis layanan masyarakat. Iklan pendidikan adalah iklan yang isinya berhubungan dengan dunia pendidikan. Baik itu dalam hal ajakan ataupun pemberitahuan.

Demikian informasi seputar Contoh Iklan, Contoh teks iklan beserta struktur, kaidah kebahasaan, dan jenis-jenisnya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda untuk mempelajari atau membuat iklan berkualitas.

contoh iklan pendidikan



Thanks for reading & sharing WORD PHONE

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar

The world phone

https://yudimarket.blogspot.com

VIVO V5

VIVO V5
Smartphone canggih dengan kamera yang cantik dengan harga promo 1.550.000

OPPO A3

OPPO A3
gambar di muat dari google

samsung A8 Star

samsung A8 Star
gambar di muat dari google

OPPO

OPPO
LOGO OPPO

VIVO

VIVO
LOGO VIVO

SAMSUMG

SAMSUMG
LOGO SAMSUNG

Iphone SE

Iphone SE
gambar di muat dari google

Iphone

Iphone
Logo Iphone